Jenis Makanan Sehat Berwarna Hitam

Makanan Berwarna Hitam yang Menyehatkan | Jenis Makanan Sehat Berwarna Hitam - Mencari makanan yang menyehatkan bisa dihasilkan dari berbagai jenis makanan sehat, yang pastinya juga gak selalu mahal. Ada beberapa makanan yang berwarna hitam tapi juga menyehatkan, karena makanan berwarna gelap biasanya mengandung antioksidan lebih tinggi yang sangat ampuh untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Makanan Berwarna Hitam yang Menyehatkan

Berikut beberapa Jenis Makanan yang Menyehatkan Berwarna Hitam dan baik buat tubuh :

1. Beras Hitam
Beras merah memang baik untuk kesehatan, tapi beras hitam sebenarnya jauh lebih baik lagi, karena beras hitam mengandung vitamin E lebih tinggi. Rutin mengonsumsi beras hitam akan meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Beras hitam juga mengadung antioksidan antosianin lebih tinggi dibanding blueberries.

2. Cokelat Hitam
Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association mengungkapkan bahwa cokelat hitam mengandung substansi yang disebut polifenol. Dalam uji coba pada hewan percobaan, polifenol terbukti menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.

3. Kacang Hitam
Kulit berwarna hitam yang menyelimuti kacang ini sarat akan bioflavonoid, nutrisi dari tanaman yang mampu melawan kanker.

4. Kedelai Hitam
Riset yang dilakukan oleh ilmuwan dari Korea menemukan, mengonsumsi kedelai hitam secara teratur akan mencegah risiko trombosis, pembekuan darah yang berakibat fatal. Kedelai hitam juga mengandung asam alpha linoleate, jenis asam omega-3 yang mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Blackberries
Polifenol yang ditemukan dalam buah beri hitam ini diketahui mampu mencegah penurunan fungsi kognitif yang terjadi karena penuaan. Polifenol akan bekerja membersihkan sel-sel yang mengganggu fungsi otak. Buah ini juga kaya akan serat.

6. Teh Hitam
Teh hijau dan teh putih lebih terkenal dalam hal kesehatan. Padahal, teh hitam juga tak kalah bagusnya. Teh ini mengandung teaflavins, antioksidan yang bermanfaat mempercepat penyembuhan nyeri pada otot setelah olahraga. Minum teh hitam juga menurunkan risiko terkena serangan jantung.

7. Lentil Hitam
Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi. Satu cangkir black lentil mengandung 8 mg zat besi atau hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan, yaitu 18 mg per hari untuk perempuan. Lentil juga kaya akan serat larut yang bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi imun.

Itulah 7 Makanan Hitam yang Menyehatkan yg bisa kamu konsumsi dan yang pastinya membuat tubuh kamu sehat. Walaupun warnanya hitam tapi menyehatkan. Disalin Dunia Remaja dari sumber Kompas.com.